Wednesday, December 21, 2011

BERAPA DETIKKAH KITA HIDUP?

Umum

Tulisan ini ingin menceritakan dalam skala waktu tentang eksistensi manusia sejak berada (terbuang) di atas Bumi. Ini diambil dari buku tulisan Nicholas Alchin, London 2003 Theory of Knowladge, dan Travis W. Haan yang berjudul WHY, A logical Explanation Of Life, FreeEbook.com.

Dan (Ingatlah) akan hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan mereka (mereka merasa dihari itu) seakan-akan mereka tidak pernah tinggal (di dunia) melainkan sesaat saja di siang hari (yang di waktu itu) mereka saling berkenalan, Sesungguhnya rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Allah dan mereka tidak mendapat petunjuk.“(Qur'an, Surat; Yunus: 10)

Menurut teori ilmu pengetahuan didapati bahwa diperkirakan Alam Semesta ini terbentuk sejak kira-kira 15 milyar tahun lalu yaitu ketika terjadinya Big Bang, sebelum itu yang ada hanyalah Singularity atau kemanunggalan atau kejanggalan. Sampai saat ini tidak ada yang bisa mengetahui secara pasti tentang apa itu Singularity, apakah ia ada di situ secara abadi ataukah ia ada secara tiba-tiba, ataukah saat itu apakah ada ruang dan waktu atau tidak tidak ada yang tahu. Dan Bumi terbentuk kira-kira 4,55 milyar tahun yang lalu. Kehidupan dimulai sejak kira-kira 3,5 milyar tahun lalu dan kemudian berkembang menjadi kehidupan yang lebih kompleks bersel banyak, terbentuknya mamalia dan dinosaurus kemudian punah, dan kemudian terbentuk mamalia serta homosapien, lalu kemudian terbentuklah manusia sampai sekarang ini.
Sekarang anda coba berdiri dimalam hari, gelap dan langit tanpa awan, amati bintang-bintang dan benda lain di angkasa, kemudian renungkan tentang keberadaan anda sekarang ini. Seandainya ada satu partikel yang meleset ketika terjadi Big Bang saat itu dan tidak seperti apa yang terjadi saat itu, mungkinkah anda akan berdiri di sini saat ini?, seandainya satu dari nenek moyang anda dimangsa oleh binatang buas sehingga salah satu nenek moyang anda tidak bisa bertemu dengan yang seharusnya menyebabkan anda ada sekarang ini, apakah anda akan berdiri di sini saat ini?.
Baiklah, keseluruhan waktu yang terjadi mulai dari sejak adanya Alam Semesta ini sampai dengan saat sekarang ketika kita hidup saat ini ditekan/dikompresi waktunya menjadi 1 tahun saja, artinya 15 milyar tahun mulai adanya Alam Semesta adalah ditekan menjadi skala 1 tahun kalender perbintangan saja.

Ilustrasi Waktu Kompresi


Jadi, bayangkan sekarang adalah pukul 24:00 1 Januari setahun yang lalu dimana tepatnya Alam Semesta mulai terbentuk setahun yang lalu. Sekarang, berapa lama kita/manusia pernah hidup dalam skala waktu kompresi ini?. Coba kita amati waktu kalender perbintangan berikut ini.
Teori saat ini mengatakan bahwa Galaksi terbentuk pada tanggal 1 Mei yang lalu. Ini membutuhkan empat bulan kemudian tatanan Tata Surya (Solar System) mulai muncul, yaitu tepatnya pada tanggal 9 September. Dan beberapa hari kemudian terbentuklah Bumi, tepatnya pada tanggal 14 September. Sedangkan kehidupan mulai ada sejak tanggal 23 September, ini nampaknya semuanya dipercepat tetapi ini berlangsung sampai tanggal 12 Nopember saja sejak tanaman tertua mulai melakukan perkembangan proses photosynthesis sampai ketika atmosphere cukup mendapatkan jumlah oksigen pada tanggal 1 Desember. Jadi untuk delapan bulan setengah pertama belum ada Bumi, bahkan sampai dua setengah bulan kemudian juga belum ada jalan yang mendukung bagi manusia untuk bisa hidup. Tetapi paling tidak sekarang kita sedang memulai untuk mendekati sejarah tentang manusia...
Walaupun ada oksigen di atmosfer, pertama-tama tidak cukup dan terus berkembang sampai tanggal 19 Desember, tanaman-tanaman mengikutinya kemudian setelah tanggal 23 Desember, dan dinosaurus pertama menjelma diperkirakan mulai pada tanggal 24 Desember. Mammalia hadir sejak tanggal 26 Desember, dan harus hidup bersama dengan dinosaurus sampai dengan tanggal 28 Desember atau dua hari saja sampai nampaknya ada tumbukan keras terjadi pada Bumi yang menyebabkan perubahan iklim yang dahsyat. Kemudian dinosaurus tidak dapat bertahan dengan kondisi ini dan mereka menjadi punah. Dan kemudia era kehidupan mammalia dimulai kembali. Manusia muncul sejak tanggal 31 Desember, adalah hari terakhir dalam satu tahun kalender kosmos. Semua tentang sejarah kehidupan manusia terjadi sejak tanggal 31 Desember, yaitu satu hari dari akhir tahun dari waktu setahun sejak adanya Alam Semesta ini, dan ingat dinosaurus memiliki empat hari. Atau dapatkah manusia memilikinya juga?.
Dari fakta-fakta yang ada nampaknya tidak.
Perkembangan manusia agak terlambat di dalam satu hari yang terakhir pula, kira-kira terjadi pada pukul 22:50 tanggal 31 Desember. Kepercayaan saat ini menyatakan bahwa Manusia Peking pertama yang memakai api dengan dapat dikendalikan terajadi pada pukul 23:46, dan pada pukul 23:59 pekerjaan melukis pada dinding gua-gua di Eropah dilakukan. Segalanya terjadi dengan waktu yang cepat sekarang, dengan adanya trasformasi cocok-tanam pada kehidupan manusia sejak pukul 23:59:20 dan hurup-hurup mulai dipakai sebagai alat komunikasi dari beberapa generasi pada pukul 23;59:51. Kalender umum moderen dimulai sejak Almasih lahir pada pukul 23:59:56. Budaya orang-orang Maya dan Dinasti Sung dari China datang dan pergi pada pukul 23:59:58, dan sedetik kemudian pada pukul 23:59:59 dunia technologi moderen lahir dengan Perkembangan dan Revolusi Industri.
Pada skala kosmos, untuk itu, ini adalah pada pecahan akhir dari satu detik, pada hari terakhir dalam satu tahun di mana orang-orang hidup sekarang ini masih ada, itulah waktu ketika anda dilahirkan.
Kebanyakan orang merasa ini sangat sederhana. Dan di mana perasaan unggul manusia, sok berkuasa dan sok penentu?.

No comments: