Thursday, December 01, 2011

Aku dan UAE National Day

Umum

Indonesian Night 2011 yang diselenggarakan oleh KBRI Abu Dhabi bekerjasama dengan pihak seni dan budaya Abu Dhabi di Abu Dhabi Heritage Club, dekat Marina Mall pada pertengahan Nopember disambut oleh Duta Besar RI untuk UAE dan CEO Abu Dhabi Heritage Club, CEO menyatakan bahwa UAE dalam waktu dekat akan merayakan Hari Jadinya yang ke 40, aku sedikit mengernyitkan kedua alisku merasa heran karna Indonesian Night yang berhubungan dengan Hari Kemerdekaan RI kok berdekatan dengan Hari Ulang Tahun UAE yang jatuh pada tanggal 2 Desember, dan aku jadi teringat bahwa ternyata aku sekeluarga sudah cukup lama tinggal di Abu Dhabi ini, terutama aku sendiri di sini sejak UAE merayakan Hari Jadinya yang ke-23.
Saat ini jalan-jalan di Abu Dhabi sudah mulai dihiasi walaupun tidak sesemarak pada tahun-tahun yang lalu, demikian juga sebagian gedung-gedunya, bendera Nasional UAE sudah mulai berkibar dimana-mana, ada sebagian kendaraan pribadi didekorasi dengan warna-warni ala bendera UAE dan gambar-gambar tokoh kesayangannya dipasang terutama dibagian kaca belakang mobil, tema perayaan UAE ke-40 ini adalah 'Spirit of the Union".

Kembang Api

Hari ini adalah hari minggu tanggal 27 Nopember, di Free Port Abu Dhabi tempat akumangkal kerja sehari-hari pagi itu tidak seperti biasanya, suasana pintu gerbangnya cukup terjaga ketat melebihi dari biasanya, semua orang dan kendaraan yang akan masuk diperiksa lebih seksama oleh penjaga pintu, di dalam pagar pengaman ada mobil Polisi Abu Dhabi berhenti yang selama ini tidak pernah berhenti kecuali mondar-mandir di luar pagar. Aku merasa heran ada beberapa orang bule sedang menurunkan barang berbentuk seperti kapal-kapalan bermodel lambung ganda/double hull yang sepertinya terbuat dari aluminium atau berwarna perak seperti aluminium dengan panjang sekitar 1 meteran, dan disana-sini berserakan barang-barang berbentuk silinder seperti pipa-pipa dengan ukuran bervariasi, diameter tidak lebih dari 10 Centimeter dan panjang tidak lebih dari 1 Meteran. Pipa-pipanya berwarna-warni, ada yang putih, ada yang kuning, ada yang oranye dan ada yang berwarna merah. Para pekerjanya nampak selalu sibuk seharian, mereka tidak memperdulikan sengatan matahari saat itu, pipa-pipa itu disusun sedemikian rupa diatas kapal-kapalan, ketika cuaca mendung tiba para pekerja itu menutupi ujung-ujung pipa yang ada dengan plastik hitam yang biasa dipakai sebagai plastik kantong sampah, kemungkinannya mereka ingin agar apabila ada guyuran hujan, maka air hujan tidak membasahi bagian ujung-ujung pipa-pipa itu. Setelah pipa-pipa itu selesai disusun dan diletakkan diatas kapal-kapalan, para pekerja memasanginya semacam kawat pada setiap ujung pipa-pipa, sehingga seakan-akan pipa-pipa itu diberi sumbu, kemudian setelah semuanya selesai, maka ujung dari pipa yang sudah disusun dan diberi semacam sumbu diberi pelindung atau dibungkus dengan plastik dan kemudian dinaikkan ke atas kapal tongkang dan ponton yang diparkir di dermaga dekatnya untuk kemudian diberangkatkan melalui laut entah kemana.
Itu semua adalah kembang api untuk menyambut hari ulang tahun ke-40 UAE pada tanggal 2 Desember dini hari nanti, demikian menurut orang lokal yang bekerja sebagai awak badan kapal CNIA di L206, Sersan Matar. Wow...!, aku membayangkan betapa besarnya atau lamanya nanti pesta kembang api yang akan diselenggarakan pada malam hari nasional UAE ini?. Keberangkatan kembang api ke laut dimulai sejak tanggal 30 Nopember pagi, kumpulan kembang api terakhir diberangkatkan dengan tongkang adalah tanggal 1 Desember pagi, setelah itu semua barang-barang yang tadinya berserakan kini dirapikan dan dimasukkan kedalam kontainer yang sudah ada di situ sejak pertama kali mereka datang, kini suasana Free Port Abu Dhabi kembali seperti semula, Polisi dan mobilnya yang biasa berhenti ketika kesibukan mempersiapkan kembang api sekarang tidak ada lagi.

Suasana Menjelang Perayaan

Abdullah Akubaishi pegawai sipil CNIA bertanggung jawab secara teknis terhadap kapal-kapal MRTP CNIA buatan Turki, ia datang ke kapal nomor lambung 1803 pada tanggal 29 Nopember sekitar pukul 9 pagi di Free Port Abu Dhabi, diatas pundaknya terselendang shal bermotip bendera UAE dan di ujung-ujungnya terpampang gambar Sheikh Khalifa and Sheikh Muhammad Bin Zayeed Alnahyan. di tempat parkir dekat kapal-kapal CNIA banyak mobil-mobil pribadi yang sudah dihiasi dengan atribut-atribut nasional UAE seperti warna bendera, angka 40, gambar-gambar para Sheikh-Sheikh dan yang lainnya. Sungguh para Emirati sangat antusias didalam menyambut hari Nasional mereka, itu terlihat hampir disemua sektor mereka sedang sibuk mempersiapkan, membicarakan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan hari ulang tahun negara UAE.
Sekolah-sekolah yang aku lihat semuanya berhias diri dengan meberi atribut tentang lambang-lambang kebesaran UAE, anak-anak sekolah melakukan perayaan Hari Nasional pada tanggal 30 Nopember karena pada tanggal 1 Desember sekolah diliburkan demikian juga kantor-kantor pemerintah juga ikut diliburkan. Tanwin sudah menceritakan tentang akan adanya pesta UAE National Day disekolahnya pada tanggal 30 Nopember sejak 2 hari sebelum pesta di sekolah diselenggarakan.

Keluargaku

Pada tanggal 3 Desember ini Tanwin akan melakukan ujian SAT yang pertama, sebelum itu pada tanggal 2 Desember ia akan ada turnamen sepak bola di Dubai untuk anak-anak ASEAN, Sukarsi sibuk mempersiapkan Tanwin untuk dua kegiatan itu, Tanwin sungguh-sungguh diawasi terutama untuk ujian SATnya, maklum SAT merupakan sesuatu yang sangat penting bagi anak yang akan melanjutkan kuliah di Amerika, bahkan jika nilai SATnya bagus, maka akan ada banyak tawaran beasiswa dari universitas-universitas ternama di Amerika. Aku sekeluarga tidak ada rencana khusus untuk menyambut hari nasional UAE ini, kami disibukkan pada sesuatu untuk mempersiapkan diri Tanwin pada kedua kegiatannya di atas. Sukarsi sudah tidur sejak pukul 8 malam pada tanggal 1 Desember, ia menolaknya ajakanku untuk keluar melihat suasana kota malam ini, bahkan terhadap tentang adanya pesta kembang api nanti, ia memilih tidur lebih awal karena besok harus bangun lebih pagi untuk mempersiapkan segalanya didalam melakukan perjalanan ke Dubai untuk turnamen sepak bola Tanwin. Demikian pula Tanwin, ia harus belajar demi mempersiapkan ujian SATnya nanti, dan aku semakin terasa lelah dan ngantuk karena paginya aku bekerja mengawasi anak buahku bekerja lembur tadi.

Berita Gembira Bagi Para Emirati

Ulang tahun UAE kali ini memang merupakan ulang tahun yang sangat khusus bagi msyarakat yang tinggal di UAE terutama bagi orang-orang lokal atau Emirati, selain ini merupakan ulang tahun yang ke 40, Negara memberi kenaikan gaji sampai 100% bagi para pegawai di Departemen Kesehatan, Kehakiman, dan Pendidikan. Tidak lupa juga gaji Under Secretary naik sebanyak 35%, juga disediakan anggaran untuk melunasi hutang-hutang dari Emirati yang mengalami kesulitan keuangan dalam pelunasannya, anggarannya tidak tanggung-tanggung, yaitu 10 milyar Dirham kalau dirupiahkan menjadi kira-kira dua setengah trilyun Rupiah, wow..!.
Tentu berita itu biasanya akan dikuti oleh kenaikan barang dan jasa, tetapi pihak Pemerintah UAE sudah memberi peringatan warganya melalui kementrian ekonominya bahwa barang siapa yang menaikkan harga barang ataupun jasa karena kenaikan gaji sebagian warga UAE ini, maka Pemerintah tidak akan memberi ampun, mereka akan ditangkap untuk dimintai pertanggungan jawab. Demikian juga apabila warga menemui para pedagang yang menaikkan harga barang yang dijualnya, maka Pemerintah mengharapkan untuk melaporkan si pedagang tersebut.

No comments: