Saturday, August 29, 2015

ARTI HIDUP Bab 12, Bertahan Hidup

"Beri seseorang ikan dan anda memberinya makan sehari. Beritahu seseorang cara menangkap ikan dan anda memberinya makan seumur hidup" . Pepatah China.

"Kehidupan memang susah. Kehidupan lebih susah apabila anda tidak mengerti".  John Wayne.

Bertahan hidup merupakan langkah awal dari aktualisasi diri untuk satu sebab sederhana. Anda tidak dapat melakukan apa-apa apabila anda mati. Tentu, kita semuanya di suatu hari akan mati, tetapi ini tidak berarti kita tidak akan pernah mencapai aktualisasi diri. Ini hanya berarti bahwa kita hanya memiliki waktu yang terbatas untuk melakukannya.

Bagaimanapun, ini menimbulkan pertanyaan, bagaimana tentang orang-orang, secara khusus anak-anak, yang berbaring di tempat tidur dengan satu penyakit pangkalan sendi?. Apakah kehidupan mereka tidak berarti karena mereka tidak akan dapat memenuhi semua mimpi-mimpi anehnya? Tidak. Potensi mereka lebih terbatas daripada orang lain, tetapi bagaimanapun juga mereka masih tetap mempunyai potensi. Kenyataannya, potensi mereka bahkan lebih sederhana untuk dipenuhi. Ini mungkin terdengar keren, dan pada satu sisi demikian, tetapi itu hanya karena mati adalah dingin dan tidak berhubungan dengan hati manusia, tetapi juga ada suatu pesan harapan di situ.

Tidak perduli bagaimana situasi anda dalam hidup, anda tetap memiliki potensi. Hidup anda selalu memiliki arti, dan anda dapat hidup pada suatu kehidupan produktif, bahkan jika kehidupan anda dihabiskan diatas tempat tidur rumah sakit sekalipun, bahkan jika yang dapat anda lakukan hanyalah tersenyum pada yang dicintai saja. Ketika jam bergerak ke bawah anda dapat membuang waktu berharga yang tersisa memohon  kasih sayang atau mengutuk langit atau anda dapat melakukan suatu matematika, memutuskan hal apa yang paling penting yang dapat dilakukan dan lalu fokus pada pemenuhan potensi itu.

Petunjuk Bertahan Hidup Yang Kosong

Pada saat yang bersamaan, ada istilah yang menerangkan tentang kecakapan agar tetap bertahan hidup. Itu disebut "tanggung jawab". Setiap orang telah mendengar istilah ini sebelumnya, tetapi sedikit orang yang memiliki pengertian tentangnya.

Pernahkah orang tua anda memberi anda sebuah buku yang menerangkan secara sistimatis bagaimana agar menjadi bertanggung jawab? Jika tidak, tanyakan pada mereka kapan mereka merencanakan untuk melakukannya.

Kesempatannya adalah orang tua anda tidak pernah memberi anda sebuah buku tentang tanggung jawab sebab mereka tidak pernah menerangkan seperangkat kecakapan itu pada mereka sendiri. Pada yang terbaik mereka memiliki petunjuk yang baik, tetapi petunjuk yang baik tidak cukup membantu anda menaruk sepotong mebel yang lebih sedikit rumit hidup suatu kehidupan berhasil. Apa yang benar-benar diperlukan pada kedua masalah itu adalah instruksi yang sistematis.

Tanggung jawab memerlukan motivasi, mementingkan diri sendiri, pengetahuan tentang lingkungan anda, dan kemampuan untuk membuat analisa untung/rugi yang akurat.


Harga Suatu Prioritas

Setiap perilaku yang badan anda lakukan, khususnya setiap sistem perilaku, hanya terjadi sebagai suatu hasil proses di dalam otak anda. Anda tidak akan melakukan perilaku tanpa anda sedang dimotivasi oleh perintah dari otak anda. Pada waktu tertentu anda dimotivasi untuk melakukan beribu perbedaan perilaku, sering bertentangan. Anda dapat mengarrang prerogatif ini pada suatu hirarki sesuai motivasi. Yang mana mengajari (memerintah) anda berlaku terhadap ketergantungan pada yang mana adalah pada puncak hirarki pada setiap kesempatan yang diberikan. Di lain perkataan, anda harus melakukan apa yang paling penting terhadap anda pada setiap kesempatan yang diberikan.

Jika anda tidak mengetahuinya mengapa anda harus bertahan hidup atau jika alasan anda tidak jelas, maka anda tidak akan dimotivasi untuk bekerja sangat keras pada kebertahanan hidup. Pada keadaan demikian anda akan bekerja lebih keras lagi pada sesuatu yang lainnya. Sebagai contoh, jika anda mengatakan anak anda bodoh dan tidak berharga ketika mereka melakukan kesalahan mereka akan belajar mereka bodoh dan tidak merharga. Maka Motivasi apa yang akan mereka miliki pada kebertahanan hidup? Sangat kecil, jika itu ada. Kenyataannya, memiliki perasaan rendah pada harga diri ditambah dengan keinginan untuk membatasi sakit/gagal yang bersamaan dengan kepercayaan diri yang rendah sepertinya lebih memotivasi mereka hidup secara sembrono dan menyiksa badan mereka. Sehingga metode pengasuhan ini sebenarnya mengajari anak-anak untuk menjadi tidak bertanggung jawab.

Berikut adalah beberapa sebab kemungkinan mengapa kehidupan adalah berharga dan dengan demikian mengapa anda harus bertahan hidup; membutuhkan bertrilyun-trilyun tahun untuk menciptakan anda. Relatif terhadap umur dan ukuran alam semesta anda tidak terhingga jarang dan dengan demikian tidak terhingga berharganya. Anda diciptan untuk maksud tertentu dak khusus. Tuhan menciantai anda.

Tak perduli apa yang orang tua and atau orang lain katakan. Anda memerlukan kesimpulan milik diri anda sendiri terhadap pertanyaan; Mengapa kehidupan anda memiliki nilai dan mengapa anda harus bertahan hidup? Berapa banyak orang yang menghabiskan waktunya memikirkan tentang itu dan menggalinya, membuatnya keakraban terhadap mereka seperti sebuah lagu favorit? Sangat sedikit. Sebagai hasilnya, bahkan sebagian besar orang orang secara teknik memiliki ide bagaimana bernilainya mereka, untuk semua maksud praktis mereka tidak memiliki ide. Didalam memastikan anda mengerti nilai anda pada suatu tingkatan arti, anda harus menghabiskan suatu perlakuan baik waktu bermeditasi pada topik diri anda sendiri.

Apapun kesimpulan yang didapati, anda harus mengambil bagian nasehat ini: nilai anda adalah hakiki. Ini tidak berhubungan dengan apapun yang terjadi di luar badan anda. Nilai anda tetap sama tak perduli apakah ada orang yang mencintai anda atau tidak. Itu tetap sama tak perduli adakah tujuan-tujuan anda berhasil atau tidak. Itu tetap sama tak perduli berapa banyak uang, kekuasaan, atau prestise yang anda miliki. Anda selalu bernilai secara tak terhingga.

Usaha yang anda letakkan pada kebertahanan hidup dan berkembang berbanding lurus dengan seberapa banyak anda menilai kehidupan anda. Jika anda memotivasi 100% untuk bertahan hidup anda akan menjelaskan instruksi-instruksi milik anda sendiri dan akan mampu memecahkan setiap masalah yang ada di jalan anda tanpa adanya pertolongan. Tetapi coba bayangkan berapa banyak lagi hasil anda akan menjadi jika anda memiliki pertolongan. Sehingga di sini beberapa isntruksi lagi.


Keutamaan Egois (Selfishness)

Mudah mengatakan pada diri anda sendiri cara yang abstrak dan filosofis bahwa anda menilai diri anda sendiri dan dimotivasi untuk tetap hidup. Ini tidak demikian sederhananya memakai motivasi itu dalam kehidupan nyata. Melakukan itu secara produktif memerlukan pengertian yang akurat terhadap egois. 

Egois hampir selalu mengerutkan kening untuk sebab yang baik. Antara kebodohan dan egois anda mungkin dapat menerangkan dalam sejarah setiap kriminal dan perusakan. Jadi ini tampaknya melawan intuisi bahwa egois dapat berubah menjadi kebaikan. Bagaimanapun, persepsi ini adalah salah. Selfishness adalah kebaikan yang dibutuhkan sepanjang itu dipakai pada moderasi.

Egois didefinesikan:
  1. Mencurahkan pada atau hanya perduli dirinya sendiri; utamanya berhubungan dengan kepentingan, keuntungan, kesejahteraan dirinya, dll..., tak perduli orang lainnya.
  2. Dikarakteristikkan dengan atau mewujudkan terhadap atau perduli hanya pada diri sendiri.
Itu mudah untuk membayangkan bagaimana perilaku seperti itu akan menjadi berbahaya, tetapi apa jika anda tidak pernah mementingakan tentang diri anda sendiri? Atau lebih umum, apa jika anda tidak pernah mengartikulasikan kepentingan anda untuk diri anda? Itu dapat menjadi sama berbahayanya. Apa jika definisi "egois" dibaca seperti ini?
  1. Setia pada atau perduli pada diri sendiri; berhubungan dengan kepentingan, keuntungan, kesejahteraan, dan lain sebagainya diri seseorang.
  2. Dicirikan dengan atau mewujudkan terhadap atau perduli untuk dirinya sendiri. 
Anda akan sulit ditekan dalam menemukan suatu definisi yang lebih baik dari tanggung jawab daripada itu. Pikirkan tentang setiap perilaku anda pertimbangkan bertanggung jawab: lulus sekolah, mematuhi hukum, membayar setiap tagihan tepat waktu, menabung uang, mencegah hutang, mengemudi secara bertahan, merawat badan anda, dll. Apakah yang membuat konsep-konsep itu bertanggung jawab? Apakah mereka secara sederhana bertanggung jawab karena anda diberitahu demikian? Tidak. Mereka adalah bertanggung jawab karena mereka menguntungkan anda.


Contoh terbaik tentang ini adalah rokok. Adalah tidak bertanggung jawab merokok sebab itu dapat membunuh anda. Sehingga mengapa bertanggung jawab untuk tidak merokok? Sebab itu menguntungkan anda terlebih untuk jangka panjang. Itu lebih egois dari pilihan kedua.

Jika pengasuh sering berkata pada anak-anak mereka, mereka harus lulus sekolah dan tidak merokok, minum, atau melakukan obat terlarang hanyalah keterangan yang mereka berikan sebagaimana mengapa "Sebab aku katakan demikian". Atau "Sebab ini tanggung jawab". Tetapi itu tidak mengatakan pada anak-anak mengapa itu dilakukan karena itu menguntungkan bagi mereka untuk mengikuti petunjuk itu. Sehingga mereka tidak mempunyai motivasi untuk mengikuti peraturan-peraturan itu.

Sebagai hasil skenario atau kejadian yang sama sedang dimainkan di setiap generasi dalam waktu yang tak terhitung. Para orang tua berkata pada anak mereka bagaimana agar menjadi bertanggung jawab tetapi tidak menjelaskannya mengapa. Maka anak-anak tidak mengetahui mengapa mereka harus berlaku bertanggung jawab. Bagaimanapun, mereka secara jelas melihat keuntungannya memberikan kepuasan seketika. Sehingga itu apa yang mereka lakukan, dan setelah bertahun-tahun hidup dengan cara ini mereka akhirnya harus menghadapi konsekwensi dari ketidak siapan untuk menhadapi masa depan. Maka mereka akhirnya memulai bertanya pada diri mereka sendiri, "Apa yang paling akan menguntungkan diriku?" Maka mereka akan memulai mencari keputusan mereka melalui mata kepentingan diri sendiri bertanggung jawab dan hidup mereka mengarah pada yang lebih baik. Setelah itu terjadi, anak-anak kembali kepada orang tua mereka, meminta maaf karena tidak mendengarkan, dan mengakui bahwa mereka seharusnya mengikuti petuntuk mereka selama ini. Maka orang tua menertawakan dan berkata "Aku sudah memberitahumu". 

Tetapi pada kenyataannya untuk semua tujuan praktis para orang tua sebenarnya tidak berkata pada anak mereka apapun. Sehingga para orang tua tidak seharusnya mentertawakan anak-anak mereka. Mereka seharusnya merasa malu hampir saja mematikan anaknya dan mejadikan mereka telah membuang separuh hidup mereka belajar suatu pelajaran terpenting dari kehidupan dengan cara yang susah.

Jika pengasuh akan telah memberi anak mereka keterangan sedalam mungkin mengapa peraturan mereka anggap tanggung jawab akan lebih menguntungkan anak dibanding tidak mematuhi peraturan-peraturan, maka anak-anak mereka akan dimotivasi oleh keegoisan melakukan hal yang benar untuk sebab yang benar pula.

Selain para orang tua, setiap kali anda membuat keputusan anda harus menganalisa keputusan anda cukup untuk menentukan apakah jalur perilaku yang anda ingin ambil akan benar-benar menguntungkan terutama diri anda sendiri. Anda perlu memutuskan hal apa yang paling egois secara intelligen dapat anda lakukan untuk diri anda sendiri dalam waktu lama.

Kita akan memasuki isu apakah anda harus melakukan ketika keinginan egois anda bertentangan dengan keinginan egois orang lain pada Bab keduapuluh.


Belajar Pada Tali

Bahkan jika anda mengerti bagaiman bernilainya anda itu dan berdasarkan pada keputusan anda pada apa yang akan paling menguntungkan terutama anda masih tidak akan mampu membuat keputusan yang bertanggung jawab jika anda tidak paham terhadap lingkungan anda.

Bertahan hidup diperlukan untuk menghindari bahaya dan memperoleh sumber-sumber: makanan, pakaian, tempat tinggal, fasilitas kesehatan, dll. Semua hal ini perlu diselesaikan sekarang dengan segera, dan keberadaan mereka perlu dijamin di masa yang akan datang.

Bagaimana anda mencampai itu tergantung pada lingkungan macam apa anda hidup. Seorang manusia gua akan perlu belajar sesuatu keadaan kemampuan bertahan hidup yang sangat berbeda daripada seseorang yang hidup di suatu kota moderen. Seorang manusia gua tidak akan bertahan hidup dalam suatu kota moderen, dan tipe jas hujan dari kota moderen tidak dapat bertahan hidup di suatu gurun. 

Sebab kemampuan bertahan hidup tergantung dari lingkungan yang unik anda itu akan tidak mungkin menulis sebuah buku tentang tanggung jawab itu lagi, dimanapun, kapanpun dapat memakai. Untuk itu, salah satu kemampuan yang fundamental untuk menjadi bertanggung jawab adalah memiliki dedikasi untuk menganalisa dan mengerti lingkungan anda.

Setiap serdadu, perwira polisi, pengendara motor, atau pensiunan dapat pengesahan terhadapnya. Pengetahuan situasi merupakan faktor penentu yang fundamental dalam mempertahankan hidup di satu lingkungan berbahaya. Dan baiklah, anda akan mati suatu hari; itu membuat kehidupan suatu lingkungan yang berbahaya. 

Pensiunan termasuk dalam daftar itu sebab jika anda hidup di suatu negara yang menggunakan uang maka anda hidup di likungan ekonomi, penghasilan dan mengamankan penghasilan penghasilan adalah capaian hampir secara lengkap melalui penghasilan dan mengamankan uang. Sehingga lebih banyak anda belajar tentang mendapatkan/menabung/investasi/membelanjakan uang lebih tampaknya itu bahwa anda akan dapat mendapatkan makanan, pakaian, tempat tinggal, tunjangan kesehatan, dll. saat dan setelah anda pensiun. Sayangnya sungguh banyak orang mempelajari pelajaran itu setelah mereka terlalu terlambat.

Pernahkan orang tua anda memberi anda sebuah buku tentang mencari uang? Jika tidak, minta mereka kapan mereka merencanakan untuk mempersiapkan anda untuk kehidupan. Apakah sekolah anda mengajari duabelas tahun pelajaran tentang keuangan pribadi? Jika tidak, minta para politikus anda kapan mereka merencanakan pembuatan dasar itu, pengetahuan penting membutuhkan belajar.

Karena tidak ada banyak buku-buku akurat yang telah ditulis tentang pertanggung jawaban keuangan itu akan banyak membahas topik itu secara mendalam di sini. Bagaimanapun di bawah sedikit beberapa pengarahan bagi siapapun yang hidup di suatu tempat perekonomian kapitalism moderen.
  1. Kestabilan keuangan akan membuat anda lebih berbahagia daripada kemewahan.
  2. Pelajari keuangan.
  3. Jangan menyaksikan komersial-komersial telivisi.
  4. Buat rencana keuangan.
  5. Mulai menabung semuda mungking.
  6. Jangan membeli suatu mobil mahal.
  7. Khawatirlah tentang penginvestasian pada setiap kendaraan invesmen yang menghukum anda dalam pengambilan uang anda sebelum sistemnya mengatakan ya anda bisa.
  8. Jangan membeli (atau lebih secara akurat, sewa) asuransi hidup. Tabung uang itu dan investasikan saja.
  9. Mintalah agar badan anda di donasikan pada medical science (ilmu kesehatan) setelah anda meninggal.
  10. Mintalah salah satu untuk tidak menyelenggarakan perayaan pemakaman atau paling tidak satu semurah mungkin.
  11. Jika anda harus kawin, jangan membeli cincin kawin yang mahal atau melakukan perkawinan/bulan maduyang mahal. Anda mungkin berpendapat bahwa suatu perkawinan harus romantis dan jalan yang hanya dapat membuatnya romantis adalah menghabiskan uang sebanyak mungkin, tetapi mengarah pada akibat perceraian karena masalah keuangan. Memulai perkawinan anda dengan hutang adalah hal yang paling tidak romantis yang dapat anda lakukan untuk perkawinan anda.
  12. Jangan memiliki anak dulu sebelum anda secara keuangan stabil.
  13. Kecuali kerja anda menganalisa pasar saham atau anda secara mendalam memahami dengan suatu perdagangan yang anda inginkan untuk berinvestasi jangan berinvestasi pada pasar saham. Anda akan mengalami kerugian pada uang anda.
  14. Jika anda memutuskan untuk berinvestasi di pasar saham jangan lakukan kecuali anda memiliki berpuluh ribu dollar yang anda dapat usahakan karena kerugian. Jika tidak, anda seharusnya tidak mengambil resiko terhadap uang anda di pasar saham, dan diluar kesempatan anda untuk dapat mendapatkan uang banyak karena keluar dari pasar saham adalah kecil kecuali anda menginvestasikan berpuluh ribu dollar.
  15. Belilah rumah, jangan menyewa. Jangan membeli rumah besar. Belilah yang kecil dan tambahlah padanya sebagaimana anda bisa menambahi. Jika tidak, belilah suatu duplex, triplex, dlsb. Tempati satu unit dan sewakan yang lainnya.
  16. Ada orang yang memiliki usaha dan ada orang yang bekerja untuk orang yang memiliki usaha. Yang paling kaya mereka yang memiliki usaha. Anda harus membuat usaha jika memungkinkan.
  17. Jika anda tidak memiliki suatu usaha anda butuh suatu keterampilan. Jika anda tidak memiliki keterampilan anda dapat mendapatkannya pada suatu perguruantinggi. Kalau tidak, anda akan bekerja keras untuk gaji rendah sepanjang hidup anda, dan anda kemungkinan tidak akan mampu untuk menabung cukup uang untuk menopang suatu masa pensiun yang aman.
  18. Anda dapat membuat perencanaan untuk jangka waktu pendek tanpa perencanaan jangka panjang, tetapi anda tidak dapat membuat perencanaan jangka panjang tanpa perencanaan jangka pendek.

Tidak Setiap Orang Yang Masuk Berita Telah Melakukan Sesuatu Yang Luar Biasa

Bahkan jika anda menilai kehidupan anda, pikirkan untuk diri anda sendiri, dan mengertilah lingkungan anda, anda masih tidak akan mampu mempunyai atau berbuat keputusan bertanggung jawab jika anda berpikir tidak logis. Didalam membuat keputusan yang terbaik tentang kebertahanan hidup anda anda butuh kemampuan membuat analisa untung rugi secara akurat.

Dokter-dokter EMT dan siapapun yang mendapatkan Darwin Award dapat pengesahan pada nya. Baiklah, pemenang Darwin Award jika mereka belum meninggal. Anda dapat mendapati bukti lebih dalam membuat analisa untung rugi yang baik bisa dicari di internet; itu gambar vidio penuh dengan kisah orang orang yang berbuat keputusan kurang tepat. Anda juga dapat menyaksikan sopir sembrono melakukannya setiap hari di jalan raya. Hasil akhir dari pembuatan analisa untung rugi yang kurang tepat adalah selalu sama: penderitaan.

Konsep dari analisa untung rugi adalah kedengarannya terlalu sederhana. Semuanya berarti bahwa ketika membuat suatu keputusan anda harus bertanya pada diri anda sendiri jika potensi keuntungan lebih kecil daripada potensi kerugian. Jika anda berada pada keadaan lebih menguntungkan daripada berada pada keadaan kerugian dari jalannya aksi anda, pertimbangkan, maka jalan aksi itu adalah bertanggung jawab. Jika sebaliknya, maka itu tidak bertanggung jawab.

Pernah ada awal sekali dalam sejarah di mana orang-orang telah mengambil judi tidak bertanggung jawab dan menang. Bagaimanapun, pernah ada jauh lebih awal dimana orang-orang telah kalah terhadap perjudian beresiko demikian. Pada harga apapun, rata-rata, jika anda selalu membuat keputusan bertanggung jawab berdasarkan pada analisa untung rugi, kehiddupan anda akan lebih baik secara konsisten, dan anda akan mengalami sedikit set back dan resiko anda terhadap mati lebih awal akan menjadi lebih rendah secara dramatis.

Paradoks Dari Tanggung Jawab.

Jika tanggung jawab hanyalah tentang bertahan hidup, maka jalur yang paling bertanggung jawab terhadap perilaku dalam kehidupan adalah bekerja sepanjang hari, setiap hari sepanjang hidup anda pada pekerjaan bergaji paling tinggi anda dapat mendapatkannya tak perduli berapa (atau agak, seberapa kecil) anda menyenanginya. Pada waktu yang bersamaan anda akan menebung setiap sen yang anda peroleh dan tidak pernah membelanjakan uang terhadap setiap bentuk kemewahan apapun. Maka, ketika anda sudah terlalu tua untuk bertahan hidup secara alami, anda akan perlu untuk membelanjakan semua tabungan pada jaminan kesehatan agar diri anda dapat tetap hidup selama mungkin walaupun seandainya anda sudah terlalu sakit dan lemah bergerak atau melakukan sesuatu yang berarti atau menyenangkan. Euthanasia adalah hal yang paling jelek, anda kemungkinan dapat lakukan tak perduli bagaimana sakitnya hidup mungkin terjadi pada anda.

Tetapi apa maksud dari hidup seperti itu? Kehidupan hanyalah sedikit lebih daripada bertahan hidup. Bekerja diri anda sendiri sampai mati adalah tidak bertanggung jawab. Bekerja pada pekerjaan yang membuat anda membenci kehidupan dan ingin sekali pada kematian adalah tidak bertanggung jawab. Agar menjadi benar-benar bertanggung jawab anda harus mengimbangi usaha anda lakukan terhadap bertahan hidup dengan usaha anda lakukan terhadap pemenuhan aktualisasi diri. Pada beberapa kasus ini mungkin membutuhkan melakukan pengorbanan yang sebenarnya akan memperpendek bentangan kehidupan anda. Tetapi pencapaian aktualisasi diri dengan sedikit memperpendek bentangan kehidupan lebih berharga daripada hidup lebih panjang tidak memenuhi potensi kehidupan anda. Anda mungkin menemukan bahwa suatu kesenangan dan kedamaian anda alami dengan pemenuhan potensi anda akan menghasilkan kehidupan anda lebih panjang bagaimanapun.

Dalam melakukan pengorbanan yang akan memaksimalkan kwalitas kehidupan anda, anda memerlukan untuk menjadi seseorang yang ahli dalam membuat analisa untung rugi dengan menitik beratkan pada biaya bertahan hidup melawan keuntungan dari pemenuhan arti kehidupan. Untuk membuat keputusan-keputusan itu secara cerdas anda membutuhkan belajar sebanyak mungkin dan ahli dalam kecakapan pemecahan permasalahan, yang membawa kita pada dua bab berikut ini: Belajar dan Berpikir. Ini termasuk pada bab tersendiri sebab mereka sebagai sesuatu yang dibutuhkan untuk mepmperoleh aktualisasi diri. Sebanyak mereka (belajar dan berpikir) untuk memastikan kebertahanan hidup anda.

No comments: