Sunday, January 22, 2023

KHOTBAH JU'M'AT: Nikmat Persatuan Emirates Arab

 Khotbah Jum’at, 08 Jumadil Ula 1444 H / 02 Desember 2022 M

Nikmat Persatuan Emirates Arab

 

Khotbah Pertama

 

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، يُحِبُّ عِبَادَهُ الْمُتَّحِدِينَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، أَمَرَ بِالتَّعَاوُنِ وَالِاتِّحَادِ فِي كِتَابِهِ الْمُبِينِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ، حَثَّ عَلَى التَّرَاحُمِ بَيْنَ الْمُؤْمِنِينَ، حَتَّى يَكُونُوا كَالْجَسَدِ الْوَاحِدِ مُتَوَادِّينَ، فَاللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَالتَّابِعِينَ. أَمَّا بَعْدُ

 

Aku berwasiat kepada kalian -wahai hamba Allah- dan kepada diriku agar bertakwa kepada Allah, Dia berfirman :

 

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى

 

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa” (Al Maidah 5 : 2). Hamba Allah yang mulia : Allah Azza wa Jalla berfirman :

 

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ ‌رَبِّكَ ‌فَحَدِّثْ

 

“Dan terhadap nikmat Tuhanmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur)” (Ad Dhuha 93 : 11). Dan di antara nikmat Allah yang dilimpahkan kepada kita adalah nikmat persatuan Negara Emirat Arab yang setiap tahun kita peringati dan wajib disyukuri, sebuah peringatan yang memenuhi hati kita dengan keceriaan dan kebahagiaan, kebanggaan dan kemuliaan pada peringatan Hari Nasional yang ke 51 ini, nilai-nilainya mengantarkan kita pada 50 tahun ke depan, para pendiri negara ini telah meletakkan pondasi kuat keimanan, akhlak mulia, nilai-nilai kemanusiaan dan ilmu kebudayaan, sehingga persatuan ini menjadi contoh utama di bidang toleransi, hidup berdampingan dengan sesama, menyebarkan perdamaian dan kebaikan di dunia, sehingga kita bisa menikmati keutamaan dan kebaikannya, Syaikh Zayed dan para pemimpin pendiri persatuan ini telah menempuh jalan kebajikan dan perbuatan baik, dengan berlandaskan pada firman Allah :

 

 

‌وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

 

“Dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan” (Al Hajj 22 : 77). Sehingga mereka beruntung dan sukses dalam membangun negara ini, dan semua masyarakat Emirat terus berusaha mengamalkan ajaran agama yang lurus dengan pemahaman yang moderat, serta berpegang teguh dengan warisan budayanya, adat istiadat dan kebiasaan mulia, serta nilai-nilainya yang orisinil, dengan berhiaskan akhlak dan sifat yang mulia, Rasulullah Saw bersabda  :

 

إِنَّ مِنْ خِيَارِكُمْ ‌أَحَاسِنَكُمْ ‌أَخْلَاقًا

 

“Sesungguhnya sebaik-baik kalian adalah yang paling baik akhlaknya” (Muslim 2321)

 

Saudara-saudaraku yang mencintai Emirat : para pemimpin yang bijak, para pembangun persatuan telah memfokuskan pada pilar ilmu pengetahuan yang maju, karena di dalamnya terdapat sebab kekuatan dan kemajuan, Allah Swt berfirman :

 

‌يَرْفَعِ ‌اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

 

“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat” (Al Mujadilah 58 : 11), mereka bergegas membangun Sumber Daya Nasional, dengan membekali mereka dengan beragam ilmu pengetahuan dan memberdayakan mereka agar bisa mengangkat nama negara mereka, kini mereka bergerak menjelajahi bumi dan cakrawala ruang angkasa, mereka memasuki sejarah hingga mencapai Mars :

 

‌فَلِلَّهِ ‌الْحَمْدُ رَبِّ السَّمَوَاتِ وَرَبِّ الْأَرْضِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

 

 

“Maka bagi Allah-lah segala puji, Tuhan langit dan Tuhan bumi, Tuhan semesta alam” (Al Jatsiyah 45 : 36).

 

Ya Allah lindungilah kemanan dan ketentraman Negara Persatuan Emirat Arab,  langgengkanlah kemakmuran dan kemajuannya, berkahilah kebaikan dan para pemimpinnya dan berilah kami taufiq untuk mentaati-Mu,  mentaati rasul-Mu Muhammad Saw dan mentaati orang yang Engkau perintahkan agar ditaati, sebagai pengamalan atas firman-Mu : “Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu” (An Nisa’ 4 : 59)

 

أَقُولُ قَوْلِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ لِي وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

 

Khotbah Kedua

 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْعَمَ عَلَيْنَا بِالِاتِّحَادِ وَالِاسْتِقْرَارِ، وَالرَّخَاءِ وَالِازْدِهَارِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا وَنَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ رَسُولِهِ وَعَبْدِهِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ

 

Saudara-saudaraku yang rajin bersyukur : Allah Azza wa Jalla berfirman :

 

لَئِنْ ‌شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ

 

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu” (Ibrahim 14 : 7). Kesempurnaan syukur kepada Allah atas nikmat Emirat adalah dengan menjaga pencapaiannya, berakhlak mulia, toleransi dalam interaksi, sehingga kita menjadi teladan yang diikuti oleh semua di segala bidang, marilah kita terus berusaha untuk memperkuat keunggulan Emirat, mendukung kemajuannya dan mengerahkan seluruh tenaga agar benderanya tetap berkibar, serta menanamkan pada anak-anak kita cinta negara dan kesetiaan kepada para pemimpinnya, serta memperkuat ruh persatuan dan menghargai pengobanan dan upaya-upaya demi kelanggengan keluhuran dan kemajuan negara ini pada jiwa mereka.

 

 

 

هَذَا وَصَلِّ اللَّهُمَّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَنَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينَ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ: أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ، وَعَنْ سَائِرِ الصَّحَابَةِ الْأَكْرَمِينَ، وَالتَّابِعِينَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّينِ.  اللَّهُمَّ أَدِمْ اتِّحَادَ الْإِمَارَاتِ، وَاحْفَظْ عِزَّهَا وَمَجْدَهَا. اللَّهُمَّ وَفِّقْ رَئِيسَ الدَّوْلَةِ الشَّيْخ مُحَمَّد بْن زَايِد وَنَائِبَهُ وَإِخْوَانَهُ حُكَّامَ الْإِمَارَاتِ لِمَا تُحِبُّهُ وَتَرْضَاهُ. اللَّهُمَّ ارْحَمِ الشَّيْخ زَايِد، وَالشَّيخ راشد، وَالْقَادَةَ الْمُؤَسِّسِينَ، وَالشَّيخ مَكْتُوم، وَالشَّيخ خَلِيفَة بْن زَايِد، وَأَدْخِلْهُمْ بِفَضْلِكَ فَسِيحَ جَنَّاتِكَ. وَارْحَمْ شُهَدَاءَ الْوَطَنِ وَضَاعِفْ أَجْرَهُمْ، وَارْفَعْ فِي الْجَنَّةِ دَرَجَتَهُمْ، وَشَفِّعْهُمْ فِي أَهْلِهِمْ. اللَّهُمَّ ارْحَمِ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ: الْأَحْيَاءَ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتَ. اللَّهُمَّ اسْقِنَا الْغَيْثَ، اللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اللَّهُمَّ أَغِثْنَا. عِبَادَ اللَّهِ: اذْكُرُوا اللَّهَ الْعَظِيمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. وَأَقِمِ الصَّلَاةَ



No comments: