Saturday, December 12, 2020

KHOTBAH JUM'AT:: Sebaik-baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Manusia Lainnya

 

*Terjemah Materi Khutbah Jumat, 11 Desember 2020*

 

Penerjemah : _Ust. Abdul Latif, Lc._

 

*"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya"*

Khotbah Pertama

Hamba Allah : banyak kisah para nabi AS yang tertuang didalam Al Quran, agar setiap kita mengambil nilai-nilai yang dapat kita praktekkan antar sesama dan menjadikannya pelajaran yang bermanfaat untuk kehidupan kita, dijelaskan dalam firman Allah : "Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal” (Yusuf 12 : 111)

Diantaranya kisah tentang Nabi Musa AS, Allah berfirman : “Dan tatkala ia sampai di sumber air negeri Mad-yan ia menjumpai di sana sekumpulan orang yang sedang meminumkan (ternaknya), dan ia menjumpai di belakang orang banyak itu, dua orang wanita yang sedang menghambat (ternaknya). Musa berkata: "Apakah maksudmu (dengan berbuat begitu)?" Kedua wanita itu menjawab: "Kami tidak dapat meminumkan (ternak kami), sebelum pengembala-pengembala itu memulangkan (ternaknya), sedang bapak kami adalah orang tua yang telah lanjut umurnya. Maka Musa memberi minum ternak itu untuk (menolong) keduanya”(Al Qasash 28 :  23-24)

Tampak pada kisah tersebut nilai-nilai bersegera dalam kebaikan dan sumbangsih pada sesama, dimana Nabi Musa AS bersegera untuk berbuat dan membantu sesamanya, sebagai penegasan bagi kita untuk bersegera berbuat baik pada sesama dan membantu orang-orang yang membutuhkan, Nabi Saw bersabda : “Sebaik-baiknya manusia yang paling bermanfaat bagi manusia” (At Thabrani dalam kitab Al Awsath 6/58). Maksudnya bahwa hamba Allah yang paling utama adalah yang diberikan kesempatan untuk berbuat baik kepada sesama makhluk Allah, dengan berbagi nikmat atau menjauhkan mereka dari marabahaya (Faidhul Qadir 3/481). Dan kini, kita menyaksikan dan berterima kasih atas usaha-usaha besar serta bantuan yang diberikan oleh berbagai institusi di negeri ini, mereka adalah teladan bagi kita, dimana mereka selalu memberikan bantuan dan kebaikan kepada sesama, dan marilah kita berkontribusi bersama dalam kegiatan filantropi, dengan menyumbangkan kemampuan kita demi negeri ini, semoga kita mendapatkan ridha dan pertolongan Allah. Semoga Allah menjadikan kita manusia yang bermanfaat bagi sesama, bersegera dalam kebaikan dan kelak kita meraih ridha-Nya.

Khutbah Kedua

Para jamaah shalat : memberikan manfaat dan berusaha untuk kemaslahatan sesama, merupakan tindakan mulia dan berhala tak terhingga, Nabi kita Muhammad Saw mengajak dan menganjurkan hal tersebut, seperti termaktub dalam sebuah sabdanya : “Manusia yang paling dicintai Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Amalan yang paling dicintai Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan hutangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh”


No comments: