Saturday, December 19, 2020

KHOTBAH JUM'AT: Berbaik Sangka Kepada Allah SWT

 *Khutbah Jumat, 18 Desember 2020*

 

*"Berbaik sangka kepada Allah"*

 

*Khotbah Pertama*

 

Jamaah shalat yang mulia: Bapak para Nabi yaitu Nabi Ibrahim AS telah datang ke Mekkah membawa isterinya Hajar dan Ismail yang belum disapih, dan disana tidak ada sumber air, tidak pula berpenduduk, bahkan mereka tak memiliki apa-apa.  Nabi Ibrahim meninggalkan mereka disana, dengan dibekali sedikit air minum dan makanan, lalu ia pun berangkat kembali, isterinya mengikuti seraya berkata: wahai Ibrahim, mengapa engkau pergi, dan meninggalkan kami di lembah ini? Tapi beliau tidak menoleh, isterinya bertanya lagi : apakah ini perintah dari Allah?  Benar, jawab Ibrahim.  Isterinya berkata: *"Maka Allah tidak akan menyia-nyiakan kami"* (Bukhari 3364).  

 

Inilah yang disebut dengan berprasangka baik kepada Allah, dan itulah puncak keimanan tertinggi, yang menjadikan wanita beriman ini berprasangka baik kepada Allah, dengan berkeyakinan bahwa Allah tidak akan menakdirkan kecuali yang terbaik. 

 

Nabi kita SAW berpesan, agar kita berprasangkan baik kepada Allah, dalam sabdanya: “Janganlah salah satu diantara kalian mati, kecuali dalam keadaan berprasangka baik kepada Tuhannya” (Muslim 2877, Ahmad 1448).  Maksudnya: tetaplah berprasangka baik kepada Allah sepanjang hidup kalian hingga akhir hayat, karena begitulah sebaiknya seorang mukmin, yang selalu menghadirkan prasangka baik sepanjang hidupnya, sehingga hatinya menjadi tenang dan jiwanya menjadi lapang, sehingga Allah pun memberikan jalan keluar bagi setiap masalah. 

 

Allah Swt berfirman mengisahkan sebagian hamba-Nya: “Serta mereka telah melihat bahwa tidak ada jalan keluar dari (siksa) Allah, melainkan kembali kepada-Nya saja” (At Taubah 9: 118), kemudian Allah berfirman, setelah terbuka jalan keluar: “Kemudian Allah menerima taubat mereka" (At Taubah 9: 118).  

 

Sebagian orang bijak berkata: Gunakan prasangka baikmu kepada Allah sebagai jalan keluar pada setiap musibah yang menimpamu dan inilah solusi tercepat.

 

 Ya Allah, sesungguhnya kami berprasangka baik kepada-Mu, maka kabulkanlah doa kami serta wujudkanlah harapan kami.

 

 *Khotbah Kedua*

 

 Para jamaah shalat: seorang mukmin yang berprasangka baik kepada Allah Swt, maka amalnya akan serta merta menjadi baik, dan menjadikan ungkapan berikut ini sebagai motonya:

 وظني فيك يا ربي جميل فحقق يا إلهي حسن ظني

 Prasangka baikku pada-Mu wahai Tuhanku adalah keindahan

 Maka wujudkanlah prasangka baikku itu wahai Tuhanku

No comments: