Wednesday, June 20, 2012

Apa Arti Sebuah Nama?


Setiap sesuatu di dunia ini dipastikan akan mempunyai nama. Sesuatu yang baru saja ditemukan akan juga diberinya nama. Yang lebih khusus lagi adalah manusia, setiap anak manusia yang terlahir ke dunia akan diberi nama. Mengapa ini diberi kata khusus di situ, karena bagi hewan atau tumbuhan yang 'terlahir' ke dunia mereka tidak pernah diberi/memiliki nama kecuali penyebutan jenisnya saja. Sebagai contoh, kucing berbulu tiga warna melahirkan empat bayi kucing, semua anak-anak kucing itu disebut anak kucing dan ketika besar nanti akan dipanggil kucing, demikian pula tumbuhan, mereka kebanyakan hanya dipanggil sesuai jenisnya saja, misalnya mangga, asam, jati, dll. Lain halnya dengan manusia, tidak ada seseorang yang terlahir tetap dipanggil atau bernama bayi, tidak ada manusia yang hanya dipanggil negro atau bule atau manusia saja. Semua manusia pasti memiliki nama khusus tersendiri oleh orang tuanya yang diberikan sejak mereka dilahirkan ke dunia.

Ada yang berpendapat bahwa pemberian nama untuk seorang anak manusia agar diambil dari kata yang memiliki arti atau tujuan yang baik tujuannya agar kelak mereka akan menjadi orang yang baik pula atau jika nama si anak merupakan tiruan dari nama seseorang yang pernah hidup baik, pahlawan misalnya nanti ketika dewasa diharapkan anak tersebut menjadi tiaruan sang penyandang nama itu. Itu tidak berlebihan tetapi bagaimanakah dengan mereka yang memiliki nama baik sedang ada di penjara karena kejahatan yang mereka lakukan? Bagaimanakah dengan mereka yang selalu meresahkan di lingkungan mereka berada? Tidakkah mereka memiliki nama-nama dengan arti yang baik pula? Tidakkah mereka memiliki nama-nama tiruan dari orang-orang sukses/baik terdahulu? Jikalau memang jawaban dari kedua pertanyaan teraknir adalah 'ya' lalu pertanyaan berikutnya adalah; apa sebenarnya arti pemberian sebuah nama? Sudah benarkah konsep yang kita yakini selama ini dengan memberi nama anak-anak kita dengan arti/tujuan yang baik? Atau kita dapat memberi nama apa saja terhadap anak kita toh tentang apa jadinya nanti bukan tergantung dari nama yang disandang. Jika demikian, lalu bagaimana dengan mereka yang mempunyai nama yang baik lalu menjadi orang sukses dan/atau baik atau mereka yang menjadi pahlawan dari semua itu memiliki nama dengan arti yang baik pula?

Karena manusia adalah makhluk hidup berakal. Karena manusia adalah makhluk hidup yang mempunyai dua sifat baik dan buruk. Karena manusia memiliki hawa nafsu yang bisa dikendalikan dimana semua itu kemunculannya tergantung dari bagaimana proses mereka tumbuh berkembang. Bagaimana proses pembentukan mereka menjadi dewasa, dimana setiap proses memerlukan suatu input atau masukan. Apabila data masukannya jelek maka outputnya akan juga mempunyai kemungkinan besar jelek pula demikian sebaliknya. Kembali kepada nama juga demikian. Nama merupakan salah satu variabel input dari sejumlah input-input lainnya ketika seseorang belum dewasa, meskipun peranannya kecil namun perlu diingat bahwa sekecil apapun input suatu data mutu data akan mempengaruhi mutu outputnya. Sehingga pemberian nama yang baik maka akan memberikan pengaruh pada manusia kelak ketika seseorang menjadi dewasa.

No comments: