Wednesday, February 20, 2013

Service Mobil CRV

Service Mobil CRV

Aku baru ingat tentang minyak pelumas/oli mobil CRV-ku, apakah harus diganti atau tidak. Kilometer sudah menunjukkan 74000an  lebih. buku servis ada di dalam kotak kanan depan kursi penumpang. Catatan servis terakhir dari pemilik lama adalah 68000an kilometer, jadi sudah sekitar 6000 km jalan belum pernah ganti oli, 1000 km terlampaui, terlambat pergantian oli dari yang seharusnya, 5000 km jalan. 

Aku coba memeriksa buku servis, nomor telepon bengkel resmi Honda yang tercatat di situ, juga ada nomor telepon tall free. Aku hubungi bengkel/workshop resmi Honda Musaffah, Telepon beberapa kali tidak ada yg menjawab. Aku telepon tall free, dijawab oleh mesin penjawab otomatis agar aku menghubungi tall free yg lain karena yg inii untuk emergency saja. Aku hubungi saja nomer itu suara seorang perempuan menanyai keperluanku setelah mengatakan "this is Honda Workshop". Setelah aku katakan maksudku lalu ia memberi beberapa jadwal kosong yang belum dipilih oleh orang lain untuk waktu servis yang ada, dan aku memilih hari Sabtu tgl 12 January, 2013 pukul 11;45 siang sebagai hari servis mobil CRV-ku. 

Ketika tiba pada hari aku ada janji untuk servise mobil CRV-ku. Aku harus mengetahui letak bengkel resmi Honda Musaffah yang nanti akan aku tuju. Aku coba menghubingi workshop lewat nomer telepon yang aku catat ketika aku membuat janji service dulu. Tak ada jawaban walaupun dihubungi beberapa kali kecuali auto answering machine saja. Aku coba tall free saja, ada jawaban dengan bahasa inggris ala orang Arab. Setelah aku katakan madsudku, aku ditanya apakah aku mengetahui tentang exit pertama di Musaffah?, aku jawab mengetahuinya karena aku selama lima tahun bekerja di Abu Dhabi Shipbuilding (ADSB) yang terletak di Musaffah, jadi selama lima hari dalam seminggu aku selalu melewati yang namanya jalan exit yang aku bayangkan. Si wanita dalam telepon memberitau aku agar setelah jalan exit. Lalu aku dianjurkan untuk terus lurus saja sampai jalan lingkar ke tiga lalu belok kiri. Setelah belok kiri lalu aku dianjurkan langsung masuk ke kanan begitu ada belok kanan pertama. Aku paham betul dengan apa yang
dianjurkan wanita dalam telepon itu, lalu aku langsung menuju ke Musaffah dari rumah khalifa City A.

Sesampainya di Musaffah pada lokasi sesuai arahan wanita dalam telepon, aku tidak menemukan bengkel Honda dimaksud. Aku tanya pada orang ketika aku berhenti hampir di ujung jalan tempat sesuai petunjuk dalam telepon tadi. Maka aku
ditunjukkan kembali lalu ke kanan dan ke kiri pada roundabout pertama dan ke kanan lagi pada jalan masuk pertama. Setelahnya lurus saja maka aku akan mendapati bengkel Honda dimaksud.

Ketika sampai di jalan yang ditunjuki lelaki tadi aku tidak menemukan bengkel Honda kecuali showroom Mersedes, Akai dan Hyundai. Aku pikir pasti orang tadi menyangka bahwa aku mencari bengkel Hyundai. 

Aku putuskan masuk parkir showroom Hyundai saja. Lalu aku bertanya pada penjaga showroom. Aku dianjurkan untuk menuju
tempat dekat dengan kator pusat Mercedes dan U-turn di ujung jalan, setelahnya sebelah kanan akan ada showroom Honda. 

Aku menuju ke tempat yang ditunjuki oleh orang dari Hyundai showroom. Akhirnya aku temukan showroom Honda. Inilah bengkel yang aku cari dari tadi. Aku tengak dari dalam mobil di belakang showroom ada semacam gudang. Aku bilang ah.. itu bengkel Honda yang menjadi satu dengan showroom. Aku ambil buku satatan service mobil lalu aku masuk showroom dengan perasaan marah teleponnya tidak ada yang menjawab. Resepsionis wanita memberitahuku bahwa bengkel resmi Honda bukan di situ, lalu aku diberi secarik kertas berisi map lokasi bengkel resmi Honda. Ia menyesali aku datang ke sana lalu aku bilang dengan nada agak emosi bahwa 'fracking workshop did not pick up my many many call'. Lalu aku menuju ke tempat sesuai map dimana lokasinya sudah aku kenal. Begitu sampai di depan meja resepsionis aku mengatakan betapa telepon tidak ada yang menjawab beberapa kali aku lakukan. Dia mengatakan bahwa dia tidak sempat menjawab telepon karena sibuk sekali melayani tamu yang datang. Rupanya si resepsionis bertugas menjawab telepon yang datang dan juga menerima tamu yang datang dengan apoitment setiap hari. Lalu setelah jadwal janji servis ia lihat di dalam daftar, kemudian ia membuka komputer dan mengetik sesuatu. Kemudian aku dipersilahkan menunggu selama kira-kira tigapuluh menit, begitu si resepsionis katakan.

Dalam masa tunggu tiba-tiba aku teringat pada wanita pertama berbahasa Ingris logat Arab yang memberiku petunjuk jalan. Setelah aku ingat kembali kemungkinan ia benar memberi aku petunjuk. Tetapi yang dimaksud exit adalah jalan exit dari Musaffah Road bukan jalan exit di dalam Musaffah Indurtrial Area.

Aku dipanggil setelah menunggu sekitar 20 menit. Pelayan mengatakan bahwa biaya ganti oli, periksa rem, suspensi, mesin adalah 525 Dhs. "Wah, kok mahal", begitu pikirku. Aku perkirakan sebelumnya hanya 200san Dhm saja. 

Supervisornya mengecek mobil yang aku parkir dekat jalan di depan bengkel. Ia memastikan mencatat semua tampak luar dan dalam mobil sebelum dimasukkan bengkel. Dalam pengecekan aku tanyakan jenis oli yang dipakai, ia bilang mereknya Shell an typenya W40/15. Oli type itu biasa dipakai untuk daerah tropis. 

Ketika kembali ke meja kerjanya ia mengatakan bahwa mobilku akan selesai pukul 4 sore. Aku bilang 'wow, kok lama sekali, padahal sekarang baru pukul 12:30'. Ia mengatakan karena mulai pukul 1 siang sampai pukul 2 semua staff akan istirahat makan siang. Kemudian ia menganjurkan aku berjalan jalan dulu kemudian kembali lagi. Aku mengatakan bahwa aku tidak memiliki rencana kemana-mana, dan aku akan menunggu saja di sini. Lalu ia berjanji akan mempercepat pekerjaannya dengan melakukan sesuatu, begitu janjinya. 

Suasana sudah mulai membosankan. Acara National Geography Abu Dhabi di TV yang menyiarkan kehidupan kera-kera di salah satu kota di India sudah selesai. Aku coba melihat sekeliling. Aku lihat kaca spion dengan kamera dipajang di dalam kaca pajangan. Aku jadi teringat striku yang selalu merasa kesulitan memparkir mobil mundur danTanwin, anakku yang selalu menganjurkan agar membeli mobil dengan kamera parkir. .Aku tanyakan pada supervisor reparasi mobilku bahwa pemasangan dan harga barangnya adalah 1999 Dhm dan bisa selesai hari ini juga. Aku hubungi Istriku menanyakan kalau ingin melengkapi mobil CRV dengan kamera yang bisa merekam gambar ke arah belang untuk parkir mundur. Setelah aku beritau biayanya, maka ia menolaknya.

Aku lihat ke arah belakang dekat toilet, ada orang sedang memegang cangkir gabus kosong sambil menelepon.. Aku mencoba menghampiri sambil mengingat seseorang tadi yang duduk di sebelahku membawa kopi panas dalam cangkir gabus. Tidak salah ternyata ada mesin pembuat kopi merek nescafee. Lalu aku mengambil cangkir gabus dan memijit tombol yang bertuliskan dengan arti, "kopi campur coklat". 

Aku tanyakan ke supervisor yang baru duduk di depan meja kerjanya. Ia bilang kalau mobilku mulai dikerjakan. Sekitar pukul 2:35 mobil keluar bengkel reparasi menuju tempat pencucian., Lalu si supervisor mengatakan bahwa sekitar 14 menit lagi mobilku akan selesai. 

Jam sudah menunjukkan pukul 3 sore. Perut terasa lapar tapi mobil belum selesai juga, aku belum sholat duhur lagi. Di sekitar aku lihat dan nampaknya tidak ada tempat untuk sholat. Aku akan menjamak saja nanti di rumah jika aku kehabisan waktu di sini, begitu benakku berbicara. Supervisor bengkel memanggilku lalu memberi aku secarik kertas dan menunjuk tempat kasa agar aku membayar tagihan biaya service. Setelah aku membayarnya kemudian aku diberi dua carik kertas, satu bukti pembayaran dan satu lagi kertas untuk mengambil kunci mobil di bilik keamanan pintu gerbang bengkel. 

Pukul 3;15 aku keluar bengkel Honda Musaffah pulang ke rumah di Khalifa City A, dan aku langsung sholat Dhuhur dengan sisa waktu yang sudah sampai di ujung menuju waktu sholat Ashar. Di dalam perjalanan sempat aku berpikir, bahwa mengganti oli bukanlah pekerjaan yang susah, mengapa aku harus menggantinya di bengkel resmi Honda?, toh di bengkel lain biaya itu bisa dipakai sebanyak tiga kali ganti oli, dan kemungkinan masih ada sisa uang kembalinya. 

END.